Emang boleh sekasar itu mulutnya?

 Good morning ! 

Akutuh selama ini benci dan muak banget denger ucapan2 yang kasar. Sejak kecil aku gapernah dididik untuk berucap kasar, sampe aku remaja bergaulpun aku termasuk yg gapernah berucap kasar even itu kaya bercanda. Gapernah.

Aku baru sadar kalo aku denger langsung ucapan kasar itu pertama kali dari pacarku sendiri. Ucapan yg langsung ditujukan untuk aku. Itu bentuk reaksi dia atas kekecewaan, tapi over dan berulang banget sampe jadi habit. Kasarnya  verbal dia tuh parah banget,dia tuh bisa ngatain aku yg bener2 diluar nalar banget. Yang  bener2 nusuk hati aku banget. Dan itu bikin suasana hati dan perasaan serta pikiran aku kacau banget parah. Emosi ga stabil, cenderung ingin melampiaskan dengan menyakiti diri, ngerasa sampah ga guna, ingin ngancurin apapun yg lagi aku pegang atau terlihat depan mata. Karena harga diri aku bener2 terlukai. Sampe detik ini.

Dan sampe dia jadi suami akupun lebih parah dan menjadi jadi. Sampe detik ini.

Aku abis mikir ajaa, aku inget2 semua kejadian, semua kesalahan, semua ucapan yg aku sering denger, ini tuh bener2 ga sehat dan ngebunuh mental aku pelan2. Tapi kayanya suami aku juga sakit deh, kecenderungan dia enteng mulut dan gampang kesulut emosi, tapi saat adem dia bilang itu semua ga bener2 dari hati, katanya dia cuma asal ucap aja apa yg ada dipikiran dia, biar aku sadar katanya. Jadi itu adalah cara terkasar dia mendidik aku. Apa ini bisa dbenarkan? Sumpah aku gabisa dididik pake cara kaya gini. Aku malah sakit, bukan bikin aku sadar akan kesalahan diri. Ga gitu caranya kayanya. Aku malah jadi punya dendam tersendiri dlm hati ini untuk kehidupan aku, kaya suka kesel sama diri, sama hidup, sama sekitar, dan susah bangkit. Padahal aku bukan orang yg kaya gini. Aku takut banget ini memparah.

Baru semalem aku baca2 soal kaitan kekerasan verbal dengan kesehatan mental kita. Ternyata related banget sama apa yg aku alamin. Ini semua ternyata dampak. Ya Allah aku sedih banget diri aku jadi kaya gini sekarang.

Banyak banget artikel tentang kekerasan verbal, persis kaya yg pasangan aku lakuin ke aku. Ternyata emang dampaknya separah itu yg bisa sampe bikin trauma seumur hidup, lebih parah dari luka fisik yang bisa sembuh dan ilang sakitnya setelah diobatin. Tapi trauma psikologis itu ga semudah itu.

Ternyata ini yang aku alamin, luka yang belum sembuh udah dihantem lagi sama luka2 baru yang bikin aku makin terbelenggu dirasa sakit yg ga keliatan.

Semoga kelak suamiku sadar, bahwa tindakan dia salah. Dan semoga dia bisa merubah lisannya yang super jahat itu. Aku sedih liat dia begitu, tapi aku juga super sedih atas diri aku sendiri. Udah gapunya harga diri banget :(

Apa kita emang harus berpisah? Untuk tidak saling menyakiti? Apa kita bisa sembuh dengan sendirinya dengan berjarak? Atau bertahan dan mencoba sama2 memperbaiki apa yg salah? Tapi udah dicoba, sulit.

Saat ini, aku cuma bisa nunggu rencana Allah, aku cuma bisa berdoa berpasrah diri, karena sedang sangat sulit berdamai dengan diri dan keadaan.


Comments

Popular posts from this blog

Cukup.

RUNTUH

Move on !